banner 728x250

Petani Jagung di Keang Menjerit

  • Bagikan
Beberapa petani jagung di Keang terlihat santai saat di wawancara media ini. ( Foto. Zul PC )
banner 468x60

MAMUJU, pojokcelebes.com | Petani jagung Desa Keang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, harus menelan pil pahit setelah mengakui adanya dugaan permainan harga oleh tengkulak saat panen berlangsung.

Yunan, salahseorang petani asal warga Desa Keang mengaku, adanya dugaan permainan harga jagung saat panen tiba tentu sangat merugikan dirinya sebagai petani jagung. Karena kata dia, saat panen tiba harga yang ada malah berkurang bukan bertambah.

banner 336x280

Menurut dia, kondisi saat ini, selain darurat Corona, hampir semua petani jagung di Desa Keang jika panen pasti melimpah, namun petani jagung harus menerima harga dari tengkulak 2.200 per kilonya, yang tentunya harga tersebut sangat merugikan petani.

” Sekarang ini di Desa Keang petani jagung sudah lewat masa panennya, namun harga jagung saat ini melambung tinggi mencapai 2.700 sampai 2.800 perkilonya. Ini mi yang kami keluhkan pak, saat jagung banyak, harga kurang dan saat jagung kurang pasti harga melambung tinggi, kasian petani kalau begini pak, bisanya habis di modal saja, ” sebut Yunan yang curhat kepada wartawan media ini.

Masih Yunan, biaya tanam jagung modal yang harus disiapkan petani jagung bisa mencapai 3 Juta. Namun karena merasa rugi jika harga masih seperti itu, sehingga bersama petani jagung lainnya akan beralih fungsi tanaman dari jagung ke nilam.

” Kalau harga jagung tidak bisa normal, kami petani akan beralih ke tanaman nilam, karna kami tidak mau rugi terus kalau seperti ini. Bisa dibayangkan pak, biaya menanam jagun dalam Satu hektar mencapai jutaan rupiah, jadi kalau harga begini terus di saat panen, bukannya untung tapi rugi pak, ” keluhnya. | Zul

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.