Penyu Hewan Dilindungi, Minta Polisi Usut Tuntas Kasus ini

Penyu Hewan Dilindungi, Minta Polisi Usut Tuntas Kasus ini

MAMUJU,pojokcelebes.com | Soal adanya dua orang petani budidaya rumput laut asal Lingkungan Tampalambagzu Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, yang berani mengeksekusi hewan dilindungi jenis Penyu, hingga Keduanya berurusan dengan Polisi.

Akhirnya mendapat perhatian dari pemerhati hewan penyu Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Kepada pojokcelebes.com, Yusri Mampi dalam keterangannya mengatakan, setelah mengetahui informasi dari media online soal penangkapan hewan dilindungi tersebut, hanya gara – gara menganggu tanaman rumput laut sang petani. Lanjut kata dia, sebenarnya tidak masuk akal alasan petani hingga berani menangkap  hewan dilindungi tersebut. Menurut dia, makanan kesukaan penyu diketahui hanya suka makan padang lamun dan ubur – ubur bukan rumput laut.

BACA JUGA

” ini tidak masuk akal, ini cara mereka untuk mengelabui petugas. Keterangan para pelaku. Katanya pelaku kesal karena penyu menganggu tanaman budidaya rumput lautnya. Bagi saya, itu tidak masuk akal karena penyu hanya mampu makan lebih suka makan padang lamun dan ubur – ubur, kalaupun dia makan rumput laut yg di budidaya itu sakit kecil peluangnya. Jadi menurut saya itu hanya alasan untuk mengelabui petugas.” Kata Yusril Mampi.

Menurut Yusri, diduga jenis Penyu yang berhasil diamankan oleh polisi itu adalah ada tiga jenis penyu yaitu Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Penyu Lekang.

” Dan kuat dugaan saya, kalau penyu sisik mereka jadikan aksesoris karena sejauh ini masih banyak di jumpai gelang atau cincin berbahan sisik penyu harganyapun sangat menjanjikan.” Sebutnya

Meskipun belum diketahui persis data penyu yang sudah dilepas itu. Namun Kata dia, jika penyu yang dilepas liarkan sebenarnya harus didata lebih awal agar bisa mengetahui apakah hewan penyu ini sudah pernah ditangkap atau belum.

” Cuma sedikit kami sayangkan, karena penyu tersebut langsung di lepas liarkan tanpa dilakukan pendataan terlebih dahulu agar bisa  diketahui apakah penyu ini pernah ditangkap sebelumnya atau tidak. Dan usia penyu juga harusnya diketahui untuk memudahkan prosed identifikasi.” Ungkapnya

Dengan kejadian ini, meminta kepada penegak hukum agar memberikan sanksi kepada para pelaku yang sengaja menangkap hewan yang dilindungi khususnya penyu dengan tujuan dikomersilkan.

” harapan saya, semoga pelaku diberi efek jera dan kasusnya di kembangkan penyelidikannya sehingga ketahuan modusnya, apakan dijual dan di jual keman.” Pungaksnya yang mengaku Lima penyu yang dilepaskan sudah semuanya betina dan sudah usia bertelur. |Zul

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru