banner 728x250

Delapan Bulan Hirup Udara Bebas, Kabid PMD Baharuddin Dieksekusi

  • Bagikan
banner 468x60

POLMAN, pojokcelebes.com | Sekitar delapan bulan menghirup udara bebas pasca putusan bebas pengadilan tinggi ( PT ) Makassar. Terpidana korupsi lampu jalan atas nama Andi Baharuddin Pattajangi, Rabu siang ( 14/10 ) dieksekusi oleh tim jaksa eksekutor Kejari Polewali Mandar ( Polman ). Eksekusi dilakukan itu setelah terbitnya surat keputusan Mahkamah Agung RI dengan nomor  2407K / Pid.Sus / 2020 tanggal 9 September 2020.

Kejari Polman melalui Kasi Pidsus Polman, A Rieker, SH mengatakan mantan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ), dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dgn hukuman pidana penjara selama 2 tahun dan pidana denda sebesar Rp. 50.000.000 subsider. 3 bulan kurungan. Namun putusan hakim Tipikor Mamuju, bersama kuasa hukum terdakwa, langsung menyatakan banding di pengadilan tinggi ( PT ) Makassar. Dan permohonan banding dikabulkan oleh PT Makassar.   

banner 336x280

“ Sebenarnya terdakwa divonis bersalah oleh hakim Tipikor Mamuju selama dua tahun. Saat itu juga, terdakwa mengajukan banding di PT Makassar dan rupanya membuahkan hasil dimana permohonan banding terdakwa dikabulkan oleh PT untuk dibebaskan, “ kata Rieker kepada pojokcelebes.com

Masih dia, karena upaya hukum permohonan banding JPU ditolak oleh PT Makassar dengan mengabulkan permohonan banding terdakwa dan dinyatakan bebas demi hukum. Lanjut kata dia, pada tanggal 29 Januari 2020, JPU kembali melakukan upaya hukum dengan menyatakan kasasi di Mahkamah Agung RI. Dan kasasi JPU rupanya membuahkan hasil dan diterima oleh Mahkamah Agung RI dengan menyatakan terpidana Andi Baharuddin bersalah dan meminta untuk di eksekusi.   

“ Tim JPU mengajukan upaya hukum kasasi, hingga kemudian Kasasi JPU diterima oleh MA RI dan terhadap terpidana dihukum sebagaimana dalam putusan kasasi. Tadi siang baru kami jalankan eksekusi terhadap terpidana atas putusan MA RI, dan ekseksui  berjalan lancar dan aman, “ jelasnya

Masih dia, pelaksanaan eksekusi dilaksanakan di Lapas Polewali dengan cara terdakwa langsung diserahterimakan ke petugas Lapas Polewali. Bahwa hadir dalam pelaksanaan eksekusi tersebut yakni Kajari Polewali Mandar Muh. Ichwan, yang didampingi oleh Kasi Intel Iwan Mex Namara, SH, dan diterima oleh Kalapas Polewali Abd. Waris,sekitar jam 17.00 wita

Seperti diketahui, terpidana dihukum dalam Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya dengan sumber dana Alokasi Dana Desa ( APBDesa ) tahun 2016, dimana terpidana selaku Kabid Pemerintahan Desa Kab. Polewali Mandar bersama – sama dengan terpidana Haerudin selaku pelaksana kegiatan ( Direktur CV. Binanga ) yang telah dieksekusi terlebih dahulu.

Terhadap terpidana dalam putusan PN. Tipikor Mamuju No.: 06/ Pid.Sus-TPK/ 2019/ PN.Mam tgl 31 Oktober 2019 diputus dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda sebesar 50.000.000,- subsidair 3 ( tiga ) bulan penjara, kemudian terpidana mengajukan banding dan pada tingkat PT terhadap pidana diputus bebas, setelah itu Tim JPU mengajukan upaya hukum kasasi, hingga kemudian Kasasi JPU diterima oleh MA RI dan terhadap terpidana dihukum sebagaimana dalam putusan kasasi.
Area lampiran

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.