Kisah Kurir Wanita di Polman, Terus Berbagi Kendati Masa Pandemi

Kisah Kurir Wanita di Polman, Terus Berbagi Kendati Masa Pandemi

PANDEMI virus corona belum juga usai. Berbagai persoalan dalam upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga terus bermunculan, kendati pemerintah telah mengucurkan banyak anggaran untuk meringankan beban ekonomi.

Di tengah kondisi yang semakin sulit, membuat tidak sedikit warga mulai kehilangan harapan, muncul sejumlah orang, dengan sukarela melakukan gerakan saling menolong, menjadi kisah yang menginspirasi dan menggetarkan hati.

BACA JUGA

Salah satunya dari seorang wanita bersama Risma Sakir (36 Tahun), warga Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar.

Betapa tidak, kendati hanya berprofesi sebagai seorang kurir, ibu dua anak ini rela menyisihkan sebagian penghasilannya, untuk berbagi terhadap sesama. Gerakan kemanusiaan yang telah dilakukannya sejak dua tahun terakhir, mendorong warga lainnya di daerah ini, untuk melakukan kegiatan serupa.

“ Berawal dari rasa keprihatinan, ketika melihat postingan di media sosial soal warga yang butuh bantuan. Saya merasa terpanggil, akhirnya saya mulai menyisihkan sebagian penghasilan, untuk saya gunakan membantu warga yang membutuhkan “, kata Risma kepada wartawan, jumat (29/11).

Menggunakan sepeda motor, Risma menjangkau hampir semuda pedalaman di daerah ini, tidak sekedar melaksanakan kewajiban sebagai kurir yang mengantar pesanan warga hingga ke tempat tujuan, tetapi juga untuk membawa bantuan buat warga . 

Tidak peduli jarak yang ditempuh, cuaca yang harus dilalui, siang maupun malam, pekerjaan sebagai kurir dilakukan Risma dengan penuh tanggung jawab. Selain agar mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hari-hari, demi memberi secercah senyum buat mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Selain memberi bantuan langsung, Risma juga mencoba memberdayakan para ibu rumah tangga, khususnya mereka yang berusia lanjut dan hidup dalam kondisi kekurangan, agar dapat terus produktif untuk menopang kehidupan sehari-hari, khususnya di masa pandemi virus corona.

Seperti yang sejak beberapa bulan terakhir dilakukan di Dusun Landi, Desa Baru, Kecamatan Luyo. Daerah ini sengaja dipilih, lantaran hampir semua warganya masih hidup dalam kondisi terbatas, kendati berada di wilayah yang kaya akan potensi sumber daya alam.

“ Pertama masuk ke daerah ini, awalnya saya antar barang, kurir. Saya heran melihat banyaknya warga masih hidup dalam kondisi kekurangan, kendati di sini banyak potensi. Saya merasa penasaran, hingga terpanggil untuk membantu warga “, ujar wanita penggemar warna ungu ini.

Diakui Risma, tidak mudah baginya untuk mengedukasi warga di daerah ini, agar mau berbuat memaksimalkan potensi di desanya. Banyak yang meragukan, bahkan tidak sedikit diantaranya yang memilih tidak peduli, “ Akhirnya saya pinjam pekarangan, saya bergerak sendiri. Awalnya mereka (warga) hanya menonton, melihat saya bergerak, bercocok tanam, akhirnya ketika 80 persen sudah jadi, satu dua orang mulai tertarik sambil bertanya-tanya, dan alhamdulillah pemerintah bersama ibu PKK juga memberikan bantuan, hingga akhirnya banyak yang ikut bergerak, “ ungkapnya.

Selain melatih warga bercocok tanam untuk kebutuhan sehari-hari, memanfaatkan pekarangan rumah, Risma juga mencoba meningkatkan pendapatan warga setempat dengan budidaya ikan lele dan nila, “ Saya juga mencoba memberikan bantuan budidaya ikan, memberikan terpal (untuk kolam) dan bibit ikan. Saya ingin memberdayakan, kita berikan edukasi agar nantinya mereka bisa mandiri. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan warga yang kita berdayakan,  bisa memberikan bantuan orang lain dengan budidaya ikannya “, bebernya bersemangat.

Lanjut kata Risma, dirinya juga melatih para ibu rumah tangga, untuk membuat kerajinan gantungan pot bunga, “ Yang kedua saya lakukan untuk menambah penghasilan ibu-ibu, saya melatih membuat keterampilan gantungan pot dari tali nilon. Alhamdulillah hasilnya cukup menjanjikan. Apalagi kerajinan ini cukup mudah dibuat dan diminati banyak warga “, imbuh yang aktif menulis pantun bahasa daerah.

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru