Indahnya Air Terjun Sambabo, Pesona Alam Belum Tersentuh Pemerintah

Indahnya Air Terjun Sambabo, Pesona Alam Belum Tersentuh Pemerintah

MAMASA, pojokcelebes.com | Air terjun Sambabo, yang bertempat di Desa Ulumambi Barat Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa, merupakan panorama alam yang sangat eksotis dan memanjakan mata pagi pengunjungnya. Ketinggian air terjun tersebut 656 Kaki,yang mungkin merupakan air terjun tertinggi di Sulawesi Barat ( Sulbar ).

Air terjun Sambabo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua roda empat, sekitar 40 menit kira – kira dari Kelurahan Mambi dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Meskipun akses jalan yang terbilang ekstrim, namun pengunjung harus mampu melintasinya dengan jarak jalan kaki kurang lebih 600 meter.

BACA JUGA

Wisna, salah seorang pengunjung mengungkapkan, meskipun perjalanan yang begitu melelahkan ditambah jarak tempuh dari jalan desa ke lokasi yang begitu ekstrim, mendaki dan melewati penurunan yang terjal. Kata dia, rasa lelah itu terbayarkan saat sampai di lokasi dan melihat langsung air terjun yang sangat eksotis yang hingga kini masih terjaga keasriannya.   

“ untuk dapat ke lokasi, pengunjung harus mampu jalan kaki sekitar 600 meter, jalan yang ekstrim mendaki dan menurun, ya harus itu. Namun setelah tiba di lokasi rasa lelah dan capek pun terbayarkan dengan suasana air terjun yang begitu indah ditambah hutan dan aliran sungai yang masih asri.” kata Wisna

Wisna mengaku, suasana saat di lokasi air terjun sangat sejuk akibat terpaan angin dengan membawa butiran air dingin. Gemuruh air yang jatuh di ketinggian sekitar  656 kaki, semakin menambah suasana alam yang masih perawan itu, keindahan terlihat tak kalah bebatuan yang tersusun alami dan mengalir air jernih di sela – selanya,  yang membuat setiap pengunjung selalu ingin berlama – lama di lokasi air terjun Ulumambi. 

“ Keren gaes, ayo ke  air terjun Sambabo, panorama yang indah dan sulit diucapkan dengan kata – kata, “ puji Wisna.

Keberadaan air terjun sambabo merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat Ulumambi Barat. Objek wisata itu sudah mulai dikunjungi, banyak pengunjung lokal maupun dari luar daerah berdatangan setiap hari libur. Dan ini aset daerah yang tak terhingga nilainya jika dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Namun sayangnya, air terjun Sambabo tidak seindah dengan keindahannya yang mampu memanjakan mata setiap pengunjung. Karena,  belum ada lirikan atau campur tangan pemerintah untuk mengubahnya menjadi objek wisata kelas wahid di Provinsi Sulbar. Dikabarkan, pemerintah sudah pernah melakukan survey, namun hingga kini belum ada kejelasan. 

Seperti pengakuan salah seorang, dirinya mengaku bahwa objek wisata air terjun Sambabo sudah pernah di kunjungi oleh pemerhati wisata namun impian masyarakat setempat belum terwujud untuk dibangunkan objek wisata yang lebih baik lagi.

“ Meskipun air terjun ini sudah pernah di survey pemerintah, namun sampai sekarang impian kami untuk dijadikan objek wisata belum terwujud. Dan  harapan kami, semoga pemerintah memperhatikan Pesona Air Terjun Sambabo, sehingga menjadi Objek wisata yang mampu meningkatkan ekonomi warga nantinya. “harapnya. |Ode

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

MARI BERIKLAN DISINI

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru