Ketua BPD Desa Katumbangan Lemo Adukan Oknum Sekdes ke Ombudsman

POLMAN, pojokcelebes.com | Posisi jabatan Sekretaris  Desa ( Sekdes ) Katumbangan Lemo  yang selama diduduki mantan kepala urusan ( Kaur  ) Pemerintahan inisial HM, di protes oleh pihak BPD Katumbang Lemo  Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ).

Atas itu, pihak BPD bersama beberapa perangkat Desa Katumbangan Lemo, langsung membuat aduan ke Ombudsman Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), dengan membawa sejumlah catatan kejanggalan soal oknum yang menduduki jabatan Sekdes  yang dinilai inprosedural atau cacat aturan.

BACA JUGA

Ditemui Ketua BPD Katumbangan Lemo, Muh. Rusli kepada pojokcelebes.com mengatakan, bahwa kedatangan dirinya bersama aparat desa ke Ombudsman, mengadukan salah seorang oknum yang menduduki jabatan Sekdes Katumbangan Lemo, dimana jabatan yang diduduki saat ini, menurutnya inprosedural dan tidak sesuai dengan aturan yang ada.

” kami datang disini pak, mengadukan jabatan yang dipegang oleh seorang mantan aparat desa yang saat ini tiba – tiba menduduki jabatan Sekdes Katumbangan Lemo, tanpa ada penjaringan dan penyaringan yang dilakukan oleh aparat desa dan BPD, ” kata Rusli usai menemui Ombudsman.

Menurut dia, jabatan Sekdes yang saat ini diduduki oleh HM dinilai cacat prosedur karena tiba – tiba masuk menduduki jabatan tanpa ikut penjaringan dan penyaringan aparat desa. Dia mengaku, HM pernah menjabat sebagai kepala urusan ( Kaur ) pemerintahan Desa Katumbangan Lemo tahun 2017 sampai dengan tahun 2018. Dan meninggalkan jabatan Kaur sejak tahun 2018 karena lebih memilih sebagai pendamping desa. Lanjut kata Rusli, karena sibuk dengan pekerjaan lain diluar dari jabatan Kaur desa, sang Kaur mangkir selama 9 bulan dengan alasan cuti . Namun anehnya kata Rusli, selama 9 bulan mangkir karena lebih memilih jadi pendamping desa. Pada bulan April 2019, tiba – tiba sang mantan Kaur pemerintahan itu masuk kembali namun duduki jabatan Sekdes, yang menurut Rusli tidak tau menau siapa yang mejaringnya dan siapa yang mengangkatnya sebagai Sekdes Katumbangan Lemo.

” ini kami heran pak, tiba HM duduki  jabatan Sekdes, padahal sudah mangkir selama 9 bulan lebih dan tidak aktif lagi masuk kantor sebagai Kaur desa, karena dia lebih memilih jadi pendamping desa. Hal inilah yang membuat kami tidak setuju karena jabatan Sekdes yang didudukinya masuk tidak prosedural atau tanpa mengikuti penjaringan dan penyaringan. Makanya kami datang mengadu ke Ombudsman soal ini, ” ujar Rusli

Ditempat yang sama, Indiana sebagai asisten verifikasi laporan Ombudsman Perwakilan Sulbar, membenarkan adanya ketua BPD Desa Katumbangan Lemo bersama aparat desa mengadukan seorang Sekdes inisial HM. Lanjut kata dia, dalam aduan Ketua BPD yang ditemani beberapa perangkat Desa Katumbangan Lemo, mengaku bahwa pengangkatan HM sebagai Sekdes Lemo tidak prosedural karena tidak mengikuti penjaringan dan penyaringan calon Sekdes. Lanjut kata dia, menurut Ketua BPD, bahwa HM pernah menduduki jabatan Kaur di Desa Katumbangan Lemo, dan lolos juga sebagai pendamping desa. Lanjut kata dia, karena terganjal dengan aturan dari PMD, HM tidak boleh dobel atau merangkap dua jabatan, jika ditemukan harus salah satunya dilepas.     

“Aduan mereka tetap akan kami tindak lanjuti sesuai dengan ketentuan. Kepada kami, mereka mengakui adanya permasalahan di desanya terkait pengangkatan Sekdes HM yang mereka nilai  tidak prosedural. Dimana sekretaris desa itu, diketahui sudah lama mengundurkan diri tahun 2018 karena  ikut sebagai pendamping desa. Namun tahun 2019, sang terpadu HM tiba – tiba masuk dalam struktur pemerintah desa duduki jabatan Sekdes Katumbangan Lemo. Hal inilah mereka datang di Ombudsman, ” terang Indiana.

Pojokcelebes.com mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa katumbangan Lemo dengan nomor handpone pribadi sang Kades dengan nomor 08124153xxxx tidak aktif alais diluar jangkauan.|Yma  

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru