Balai POM Mamuju Bersama Komisi IX DPRI Sosialisasi KIE Obat, Makanan & Kosmetik

Balai POM Mamuju Bersama Komisi IX DPRI Sosialisasi KIE Obat, Makanan & Kosmetik

MAMUJU, pojokcelebes.com | Anggota DPR-RI Komisi 1X Perwakilan Sulbar Andi Ruskati Ali Baal, bersama Balai POM Mamuju, turun ke desa – desa untuk melakukan sosialisasi komunikasi, informasi dan edukasi ( KIE ), tentang bahaya makanan, obat dan kosmetik yang kadarluarsa bagi tubuh. Selasa ( 1/12 )

Ruskati mengatakan, berharap dengan adanya kegiatan ini, komisi IX bersama Balai POM masyarakat akan paham soal makanan dan obat serta kosmetik layak dan tidak layak. Dan adanya kegiatan ini, masyarakat juga bisa mengedukasi terutama warga yang tinggal di desa – desa, tentang mana makanan, obat dan kosmetik layak pakai dan tidak.

BACA JUGA

“ kegiatan ini sebelumnya dilaksanakan di kota – kota, tapi sekarang kegiatan ini akan turun ke desa – desa supaya masyarakat paham tentang bahaya obat dan makanan dan juga kosmetik yang tidak terdaftar di Balai POM. “ kata Ruskati

Senada dengan Kepala Balai POM Mamuju Netty mengatakan, saat ini tantangan globalisasi mendorong perlunya peningkatan perlindungan masyarakat sebagai konsumen Obat dan Makanan yang meliputi produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan pangan.  Kata dia, dari ancaman peredaran produk yang tidak Memenuhi syarat akan mutu dan keamanan produk. 

Menurut Netty, salah satu bentuk nyata dari pengawasan berbasis risiko yang difokuskan pada strategi pencegahan ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi ( KIE ) bersama lintas sektor dan tokoh masyarakat ( Tomas ).

“ Jadi kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan kegiatan terpadu dan holistik sehingga sangat dibutuhkan kerjasama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat.” jelasnya 

Menurut dia, dalam pelaksanaan KIE ini, Balai POM di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat  tidak bertindak sendiri tetapi bekerjasama dengan Anggota DPR RI Komisi IX serta melibatkan Pemerintah Daerah  dan berbagai komunitas masyarakat.

“ Sesuai dengan tujuan kegiatan ini yaitu pemberian edukasi Obat dan Makanan kepada masyarakat umum untuk menjadikan masyarakat sebagai Konsumen Cerdas, Balai POM di Mamuju mengajak masyarakat untuk selalu melakukan “Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kadaluarsa” sebelum mengkonsumsi produk Obat dan Makanan. “ pinta Netty.

Seperti diketahui, untuk mempermudah melakukan pengecekan produk, Badan POM juga telah membangun aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile yang dapat di unduh pada Playstore. Masyarakat juga diharapkan selalu memastikan kebenaran berita terkait Obat dan Makanan pada Website BPOM ataupun dengan menghubungi Contact Center Halo BPOM 1500 533; atau ULPK BPOM di Mamuju ( Unit Layanan Pengaduan Konsumen) di nomor Telepon/WA 08 524 1111 534.

Dalam sosialisasi ini, dilaksanakan di desa dua titik wilayah Mamuju, yaitu, Desa Bunde dan Desa Kalondin Kecamatan Sampaga. |ZUL

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru