banner 728x250

Pasca Gempa, Polresta Mamuju Panen Tangkapan Pelaku Kejahatan

  • Bagikan
Salahseorang pelaku spesial pencurian rumah kosong saat gempa.
banner 468x60

MAMUJU, pojokcelebes.com | Pasca gempa bumi yang mengguncang Mamuju dan sekitarnya. Masyarakat sebagian lebih memilih mengungsi atau meninggalkan rumah dengan alasan masih trauma dengan gema dan berlindung dari amukan tsunami.

Namun di tengah masyarakat saat berduka akibat bencana, angka kriminal di wilayah hukum Polres Kota Mamuju, terbilang meningkat. Belum lama ini, satuan reserse kriminal umum, berhasil menangkap para pelaku kejahatan dari berbagai kasus yang berbeda dengan pelaku berjumlah 4 orang.

banner 336x280

Seperti yang dirilis Kasat Reskrim Polresta Mamuju, melalui Kasi Humas Bripka Aiman, menyebutkan selama pasca gempa sejumlah kasus kriminal berhasil digulung Resmob Polresta Mamuju, dan pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolresta Mamuju. 

Empat kasus yang tersebut diantaranya, adalah pencurian kendaraan bermotor ( Curanmor ). Tersangka atas nama Rijal umur 22 tahun alamat Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Mapolresta Mamuju karena kasus pencurian. Sejumlah barang curian yang berhasil diamankan oleh Polisi diantaranya, 1 unit Motor merk Fino warna putih. 1 buah Laptop merk Asus warna Hitam. Dan 1 unit  Motor Vixion warna hitam.

Seperti yang dilakukan oleh tersangka lainnya. Tersangka ini atas nama Wijaya Arif Ince ( 25 ), alamat jalan Mangga kabupaten Mamuju, berhasil ditangkap di persembunyiannya di jalan Pettarani kota Makassar. Tersangka Wijaya ini adalah pelaku pencuri handphone jenis  Redmi Note 8 pro milik Ary Fandi yang sedang tertidur pulas. Dan Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit handphone merk Redmi note 8 pro dengan IMEI I:8 65932045787345 IMEI 2:865932045787353.

Sama kasus yang dilakukan oleh tersangka atas nama Adil Rusadi  ( 23 ) alamat jalan Maccirinnai Kelurahan Binanga Kabupaten Mamuju. Tersangka Adil ini, menjadi pelaku utama yang mencuri handphone jenis Iphone yang sedang charge oleh pemiliknya.

Saat polisi menginterogasi pelaku Adil, rupanya pelaku ini  mengakui telah melakukan pencurian di kompleks Pemda bersama dengan 4 orang teman lainnya yang sementara pencarian orang ( DPO ). Dan pelaku juga menggasak rumah korban saat rumah dalam keadaan kosong. Adapun barang yang hilang pada saat itu, piring 4 lusin, tas koleksi 13 buah, kamera Canon warna hitam, handphone merk Iphon 11 warna merah, dan handphone merk Xiaomi warna silver serta beberapa pakaian.

Adapun barang bukti yg diamankan berdasarkan LP/30/II/2021/SPKT/Resta Mamuju. Diantaranya, piring pecah beling 4 lusin. Beberapa pakaian dan jaket. Tas ransel merk Eiger 1 unit. Kamera merk Canon ( Masih sementara pencarian ). Dan handphone merek Iphone ( juga sementara pencarian ).

Berbeda dengan dua tersangka atas nama M Hasri ( 25 ) alamat Bambu Kecamatan Mamunyu. Tersangka atas nama Jamaluddin ( 31 ) asal BTN Mega Rezky blok B16 kota Makassar. Kedua tersangka ini, diamankan oleh Polisi karena diduga terlibat kasus penipuan dan penggelapan dan modusnya ada kerja sama dengan terlapor pada saat transaksi terjadi. 

Atas kejahatan yang dilakukan oleh kedua tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya. Buku rekening Sinarmas, BRI, BNI atas nama Hasri. Beberapa ATM milik Hasri. Surat perjanjian antara pelapor dan terlapor. 1 unit motor Honda Beat. 1 unit motor Yamaha Mx.King dan kwitansi Pembayaran.

“ Semua tersangka dari kasus yang berbeda, semuanya sudah diamankan beserta barang buktinya. Empat pelaku tindak kriminal ini, masing – masing akan mempertanggungjawabkan perbuatannya, “ pungkas Aiman. |Aji

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.