Carut Marut Penanganan Korban Terdampak Gempa, Dana Bantuan Gempa Sulbar Mengendap Di Rekening

Carut Marut Penanganan Korban Terdampak Gempa, Dana Bantuan Gempa Sulbar Mengendap Di Rekening

Pojokcelebes.com | Carut marut pada penanganan warga yang terdampak gempa Mamuju dan Majene oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), menjadi sorotan publik. Salahsatu menjadi sorotan adalah pembelian terpal atau tenda yang belum maksimal tersalurkan, malah hanya dikabarkan tertumpuk di gudang logistik.

Salahsatu sorotan bersumber dari Ketua Pansus Pengawasan Anggaran penyaluran Logistik Pasca Gempa Bumi DPRD Sulbar, H Sudirman, saat mengikuti rapat bersama dengan tim penanggulangan bencana yang dibentuk oleh Pemprov Sulbar di tenda di pelataran gedung DPRD Sulbar, Mamuju, Senin (15/2 ). Dia menyayangkan, data warga yang terdampak yang dimiliki oleh BPBD Sulbar tidak jelas sehingga menilai pencatatan tersebut amburadul karena alur kas penerimaan dan pengeluaran tidak jelas.

BACA JUGA

“Arus kas tentang donasi yang masuk dari luar baik dari pemda, perusahaan, maupun perorangan untuk korban gempa belum tercatat sesuai pencatatan keuangan yang betul. Ini dana bantuan langsung yang harus dipertanggungjawabkan penggunaannya,” ungkap Sudirman.

Dana yang masuk berkisar 2,89 miliar, dilaporkan sebanyak 1,2 miliar sudah dibelanjakan.

Bendahara BPBD Sulbar menjelaskan bahwa dana tersebut masuk melalui dua nomor rekening, yaitu rekening BPBD Sulbar di Bank Mandiri dan rekening BPBD di Bank Sulselbar.

Senada dengan anggota pansus Bonggalangi meminta kepada Kepala BPBD Sulbar untuk membeli kebutuhan yang sifatnya krusial di masa pasca gempa.

” Jangan membeli barang-barang yang banyak tapi tidak bisa tersalurkan dengan efektif karena adanya birokrasiyang memperlambat penyaluran kepada maasyarakat atau pengungsi. Seperti terpal yang masih banyak menumpuk, padahal di luar sana banyak masyarakat yang membutuhkan terpal sejak beberapa minggu lalu,” jelasnya./ Aji

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru