Kepala BNPB RI, Doni Monardo : Data Penerima Dana Stimulan Harus Dipampang di Kantor Desa

Kepala BNPB RI, Doni Monardo : Data Penerima Dana Stimulan Harus Dipampang di Kantor Desa

Pojokcelebes.com | Kepala BNPB RI, Doni Mornardo, dalam kunjungannya di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Meminta dalam penanganan rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat gempa, agar segera dilakukan perbaikan data calon penerima. Jika perlu nama calon penerima dana stimulan dipampang di setiap kantor desa atau kelurahan agar tidak tumpang tindih dan tidak ditemukan nama ganda.

“ Kalau data – data itu dipampang di balai  – balai desa atau kelurahan, maka rakyat bisa tahu siapa yang berhak atau pantas, sehingga tidak ada nama ganda calon penerima dana tersebut,” kata Doni

BACA JUGA

Adapun jumlah dana stimulan bagi rumah rusak, Doni menyampaikan, untuk rumah rusak berat senilai 50 juta, rusak sedang sebanyak 25 juta dan rusak ringan sebanyak 10 juta.

Sementara Sekprov Sulbar, Muh Idris, menyebutkan mengenai  transisi pemulihan pasca gempa bumi di Sulbar, bahwa jumlah pengungsi  per 28 Maret 2021, Kabupaten Mamuju sebanyak 4.963 pengungsi dengan jumlah titik pengungsian sebanyak 42 titik. Kabupaten Majene sebanyak 773 pengungsi dengan jumlah titik pengungsian sebanyak dua titik.

Untuk korban gempa bumi, meninggal sebanyak 108 orang, luka berat/rawat inap sebanyak 278 orang dan luka ringan sebanyak 12.542 orang.

Selanjutnya, jumlah kerusakan rumah warga, berdasarkan reviu APIP rumah rusak sebanyak 14.173 unit, dengan rincian rusak ringan sebanyak 6.260 unit, rusak sedang sebanyak 4.643 unit dan rusak berat sebanyak 3.270 unit, yang tersebar di tiga kabupaten.

“Kabupaten Mamuju rusak berat sebanyak 1.501 unit, rusak sedang sebanyak 3.487 unit dan rusak ringan 4.731 unit. Kabupaten Majene, rusak berat sebanyak 1.713, rusak sedang 1.060 unit dan rusak ringan sebanyak 1.107 unit. Sedangkan Kabupaten Mamasa rusak berat sebanyak 56 unit, rusak sedang sebanyak 96 unit dan rusak ringan sebanyak 422 unit,”bebernya

Adapun data kerusakan bangunan pemerintahan dan fasilitas umum yang dilakukan perbaikan, yakni kantor sebanyak 101 unit, rumah jabatan lima unit, sekolah sebanyak 139 unit, sarana kesehatan sebanyak 23 unit, sarana ibadah sebanyak 47 unit, sarana transportasi sebanyak empat unit, jalan provinsi sebanyak dua ruas, jalan kabupaten 14 ruas, jembatan sebanyak empat unit, dan fasilitas umum lainnya sebanyak dua unit.

Sedangkan, pembersihan bangunan runtuhan rumah dan titik longsor, yaitu bangunan gedung sebanyak 180 unit dan dikerjakan tujuh lembaga, masing-masing PT. Waskita Karya, PT. Brantas Abipraya, Lembaga ESDM, TNI Yonzikon 14/SWS, TNI Yonzipur 8/SMG, PUPR dan PT. Hutama Karya.

Untuk titik longsor, sampai saat ini yang telah tertangani sebanyak 60 titik, dengan rincian di Kabupaten Mamuju sebanyak 14 titik dan di Kabupaten Majene sebanyak 46 titik.

Jumlah lembaga yang terlibat dalam penanganan pasca gempa bumi, saat ini berjumlah 57 lembaga yang teregistrasi, di mana sebelumnya sebanyak kurang lebih 200 an lembaga.

Terkait upaya penguatan kapasitas penanganan bencana, Idris menjelaskan, dalam hal tersebut terdapat inisiatif melakukan edukasi dengan dukungan para relawan bersama pemerintah daerah termasuk instansi vertikal, misalnya Wahana Visi dan LPMP Sulbar melakukan TOT Sekolah Tangguh Bencana, training apoteker tanggap bencana oleh IAI bersama Pemprov Sulbar dan TOT rumah masyarakat oleh Universitas Andalas dan Pemprov Sulbar. Selanjutnya, mengenai distribusi bantuan logistik, hal tersebut dikelola oleh Tim Transisi.

Melalui kesempatan itu, Idris juga menyampaikan mengenai hambatan yang dialami saat ini, Ia menyatakan hambatan itu ada pada percepatan pendataan rumah rusak.

“Diharapkan pemerintah kabupaten bisa melakukan percepatan pendataan rumah rusak,”tutup Idris./adv

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

MARI BERIKLAN DISINI

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru