Beri Gambaran Kondisi Kebencanaan, Tam Geologi Pusat Kunjungi Mamuju  

Beri Gambaran Kondisi Kebencanaan, Tam Geologi Pusat Kunjungi Mamuju  

Pojokcelebes.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar)  Mendapatkan Kunjungan team Geologi dari pusat Dr. Supartoyo, MT, Bertempat di Aula Bappeda Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), Rabu ( 14/04 ).

Dalam Kunjungan ini, dalam rangka Memberikan gambaran mengenai kondisi kebencanaan di daerah Provinsi Sulbar sehingga diharapkan para pemangku kebijakan dapat memunculkan tindak lanjut upaya – upaya mitigasi, adaptasi kesiapsiagaan di masa mendatang dan menjadi informasi awal bagi para pengambil kebijakan, perencanaan dan pembangunan infrastruktur pasca gempa bumi 6,2 SR Sulbar.

Kunjungan team Geologi Supartoyo tersebut dihadiri, Ali Baal Masdar ( Gubernur sulbar), didampingi Muhammad Idris ( Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar ) dan beberapa kepala OPD Provinsi Sulbar Yang terkait.

Sekretaris Daerah ( Sekda ) Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris dalam pertemuan di Bappeda mengatakan, usaha membangun kesadaran bahwa daerah ini daerah rawan bencana.

“Untuk itu kepala OPD dari (BPBD), (BAPEDDA) dan kawan-kawan yang ada di Kabupaten dibuatkan semacam fren kebijakan”, kata Muhammad Idris,

Ia juga mengatakan, sudah saatnya kita ramaikan setiap minggu atau setiap bulan dengan mengadakan webinar, karena untuk kegiatan sosialisasi tidak harus masuk di kantor pemerintahan sekarang, kita hanya membuka Zoom.

“Untuk kegiatan sosialisasi melalui Zoom bagaimana letkol faksi di Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), itu  untuk satu sesi dan berikutnya bagaimana tindakan revisi RTRW,”ujar Idris.

“Apa gunanya kita selaku Pemerintah kalau tidak ada kebijakan yang dipakai oleh lembaga turunan untuk pengambilan keputusan, karena Perbup tidak cukup dan ini menurut saya sangat Elementer, “tuturnya.

Kita berpemerintahan punya konstruksi yang kokoh, Ada Perdanya kita revisi RTRW. Revisi itu tidak mudah kita harus menghadirkan berbagai pihak. terkait keterbatasan tenaga, kita memang sulit kalau inspektur tambang ini menjadi analis Geologi tapi diikutkan Abg Credit, ungkap Idris.

“Yang lebih strategis itu  membangun kerja sama Kajian dan Penelitian”.

Idris berharap, untuk merespon hal ini terkait kebijakan yang strategis, seharusnya ini menjadi isu kajian yang menarik dan muncullah pendanaan walaupun tidak besar tapi paling tidak kita bisa mengalokasikan anggaran untuk meneliti kampung-kampung yang tidak bisa diakomodir untuk di huni dan jangan membuat masyarakat kita ini menjadi panik,/Hid

 

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru