Kejati Sulbar Berhasil Kembalikan Dana Bantuan Bencana Subar

Kejati Sulbar Berhasil Kembalikan Dana Bantuan Bencana Subar

Pojokcelebes.com | Setelah DAK SMK pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar), yang berhasil dikembalikan ke kas daerah ( Kasda ) senilai kurang lebih 2,3 Miliar oleh Kejati Sulbar.

Jumat sore ( 7/5 ), Kejati Sulbar kembali melakukan pengembalian dana dari hasil penyelidikan penggunaan dana bencana Provinsi Sulbar senilai kurang lebih 49 juta.

BACA JUGA

Kajati Sulbar Johny Manurung melalui Asintel Kejati Sulbar, Irvan Samosi mengatakan, dana bantuan tersebut sebelumnya masuk di rekening Bank Mandiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Sulbar.

Sebelumnya menjadi sorotan publik, namun Kejati langsung cepat melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyelidikan.

“Setelah kami melakukan operasi intelijen atas laporan masyarakat yang masuk terkait dugaan dana korban gempa bumi yang bersumber dari donasi masyarakat tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh BPBD,”kata Irvan Samosir kepada sejumlah media.

Terkait itu, pihak Kejati langsung memanggil kepala BPBD Sulbar Darno Majid, dan benar adanya ada penggunaan dana yang tidak bisa dipertanggung jawabkan hingga dilakukan pengembalian sebesar 499,5 juta.

Dia merinci dana yang dikembalikan adalah awalnya 300 juta, kemudian 190 juta dan terakhir 42,5 juta.

Dia menyebutkan hasil temuan pengembalian terakhir adalah 42,5 Juta tersebut adalah item pembelian avtur pesawat dan pembayaran honor ustad Das’ad Latif senilai 35 juta.

“Jadi BPBD sudah mengembalikan semua kekurangan sebanyak 42,5 juta, sehingga proses ini sudah selesai dan tidak ada lagi kerugian,” sebut nya.

Masih Irvan, dana bantuan itu seharusnya disalurkan untuk korban gempa. Namun yajg terjadi dilapangan dan itu digunakan untuk hal – hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dan dana tersebut tidak bisa digunakan untuk operasional.

” Dana yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kami suruh kembalikan, langsung diserahkan ke Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah ( BPKPD ) Sulbar.” Jelas Irvan.

Sementara Kepala BPKPD, Amujid kembali memberikan apresiasikepada pihak Kejati Sulbar yang mampu memberikan pencegahan dan pengawasan anggaran dana bencana yang ada di BPBD.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kejati Sulbar yang mampu mengawal atau mampu melakukan pencegahan dana bantuan gempa di Sulbar,” katanya.

Menurut dia, donasi masyarakat untuk korban gempa bumi yang saat ini masih ada di rekening bencana akan dipindah bukukan ke Kasda.

“Dari Kasda nantinya akan dianggarkan untuk kepentingan bencana, tidak untuk kepentingan lain, full untuk kepentingan bencana,”sebut Amujib.

Dia menambahkan, terkait hal ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan BPKP dan Inspektorat terkait hasil audit donasi yang ada di rekening Bank Mandiri BPBD Sulbar./aji

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru