Meminimalisir Penyalahgunaan Keuangan Desa, Kejari Majene Sosialisi Program ‘ Panduan Mas ‘

Meminimalisir Penyalahgunaan Keuangan Desa, Kejari Majene Sosialisi Program ‘ Panduan Mas ‘

Ket Foto : Kejari Majene, Nursurya didampingi kapolres Majene, membuka sosialisasi Panduan Mas, ditandai dengan pemukulan gong.

Pojokcelebes.com | Meningkatkan dan mewujudkan wilayah bebas korupsi ( WBK ) antara lain dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif ,efisien dan  terukur. Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Majene, menggelar sosialisasi program Inovasi Pusat Layanan Pengaduan Masyarakat ( Panduan Mas ). Kegiatan yang dilaksanakan  Aula LPMP Provinsi Sulbar, dihadiri langsung orang Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se – Kabupaten Majene.   

Kajari Majene, Nursurya, SH,MH dalam sambutannya melalui forum ini kata dia, bahwa Kejari Majene telah mendeklarasikan pencanangan pembangunan zona integritas ( ZI ) menuju WBK dan WBBM dengan motto “ Barlopi ” : berintegrasi, akuntabel, responsive, legowo, optimisme, profesionalisme dan ikhlas.

“ Berbagai langkah dan upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan WBK antara lain dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif ,efisien dan  terukur serta mengoptimalkan pelaksanaan 6 area perubahan yaitu, manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, “ beber Nursurya

Menurut dia, meningkatkan kualitas pelayanan publik maka Kejari Majene, melakukan beberapa inovasi yang relevan dengan tugas pokok diantaranya program Panduan Mas. Lanjut dia katakan Panduan Mas adalah sistem layanan penyampaian semua laporan dan pengaduan masyarakat yang diselenggarakan oleh Kejari Majene, melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website : www.kejari-majene.go.id, SMS / WA/ call center 0852 4140 9009, serta aplikasi android sistim informasi pelayanan kejaksaan evaluasi rakyat online ( Sipajero )

“ program ‘ Panduan Mas’ dibentuk untuk menjamin hak masyarakat agar laporan dan pengaduan dari manapun dan jenis apapun dapat ditindaklanjuti oleh Kejari Majene secara cepat, tepat dan tuntas berdasarkan prinsip Barlopi ( berintegritas, akuntabel, responsive, legowo, optimisme, profesionalisme dan ikhlas. “ terangnya

Dia menambahkan, program Panduan Mas ini, sangat relevan dengan tugas pokok BPD yang memiliki fungsi pengawasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 55 undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Untuk optimalisasi fungsi pengawasan tersebut maka dapat dilakukan koneksitas dan sinergitas antara BPD & Kejari Majene dengan memanfaatkan layanan “ Panduan Mas” dalam rangka meminimalisir terjadinya penyalahgunaan keuangan desa.

“ Dengan adanya program ini dapat menjadi sarana yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Majene, untuk melapor atau mengadu apabila mereka mengetahui adanya indikasi tindak pidana korupsi di sekitarnya.” pungkasnya./aji

 

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AYO BERIKLAN…..!!

 

 

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru