Naik Kapal Tol Laut Mamuju – Kalimantan Wajib Kantongi Rapid Test

Naik Kapal Tol Laut Mamuju – Kalimantan Wajib Kantongi Rapid Test
Ket Foto : Sejumlah penumpang kapal tol laut terlihat duduk di pelabuhan Kasiwa Mamuju, menunggu pemberangkatan. ( foto. Ajinomoto ) 

Pojokcelebes.com | Pasca lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah tahun 2021. Ratusan penumpang kapal Perintis atau tol laut rute Mamuju Kalimantan, mulai beroperasi sejak tanggal 18 Mei 2021. Namun, pihak perhubungan laut tetap menerapkan prokes kesehatan ( Prokes ) Covid – 19 terhadap seluruh penumpang kapal setiap pemberangkatan.     

Ditemui Musyawir sebagai PPK kapal Perintis, kepada media pojokcelebes.com mengatakan, untuk kali ini pasca lebaran jumlah penumpang atau pemudik dari Mamuju tujuan Kalimantan sudah terlihat memadati pelabuhan Kasiwa Mamuju sejak pagi hingga malam. Penumpan ini kata dia, adalah pemudik yang tidak bisa pulang kampung akibat adanya larangan pemerintah dari tanggal 6 hingga tanggal 17 Juni.

BACA JUGA

“ iya mungkin baru bisa pulang ke keluarganya karena kemarin adanya pembatasan pemerintah soal larangan mudik sejak tanggal 6 sampai tanggal 17 juni. Dan ini sudah terlihat lonjakan penumpang saat ini, “ kata Musyawir.

Meskipun masih ada ditemukan penumpang kapal mengabaikan Prokes tidak memakai masker. Namun pihak perhubungan laut bersama dengan Pol Airud Polda Sulbar. Kata dia, tetap menekan agar seluruh penumpang kapal harus mengantongi hasil rapid tes Covid – 19, sebelum dilakukan pemberangkatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran Covid – 19. 

“ Pokoknya kami tidak mau tahu, penumpang wajib memiliki rapid test sebelum naik di kapal. Ini kami lakukan dalam mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran Covid – 19 di setiap daerah, ” tegas Musyawir.

Seperti diketahui, kapal pemerintah yang biasa disebut tol laut dan beroperasi di wilayah terpencil seperti pulau – pulau di Sulbar tujuan ke wilayah terpencil Kalimantan, sangat membantu warga. Disamping mudah dijangkau, kapal ini memberikan tarif yang relatif murah dan terjangkau bagi pelaku ekonomi lemah. Seperti diketahui, biaya tarif dari Mamuju ke pulau – pulau, hanya kisaran 25 ribu per orang. Sedangkan tarif dari Mamuju dan ke Balikpapan hanya dibandrol 50 ribu per kepala. Harga ini cukup murah dengan kapal komersial biasa yang dikabarkan sampai ratusan ribu per orang. 

Ana salah seorang penumpang dari pulau Balabalakang, mengaku hanya merogoh kocek 25 ribu rupiah untuk bisa sampai ke kota Mamuju. Kata dia, harga ini cukup membantu bagi masyarakat sepertinya yang kerap kali mondar mandir dari pulau ke Mamuju de mi menjalankan bisnis kecilnya sebagai pedagang ikan.

“ Adanya kapal tol laut ini yang singgah di pulau – pulau kami sebagai warga pulau sangat terbantukan. Disamping kapal ini besar dan bisa memuat barang banyak, juga harganya sangat terjangkau dengan kondisi pandemi saat ini, “ terangnya./aji                       

Bagikan :

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

BacaJuga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANKAN USAHA ANDA !

 

MARI BERIKLAN DISINI

 

Ekonomi

IKLAN MURAH HANYA DISINI !

 

 

BANNER 1

Berita Terbaru