banner 728x250

Pelayanan Publik di BPN Kab. Mamuju Disorot

  • Bagikan
banner 468x60

Ket foto : Kantor BPN Kabupaten Mamuju.

Pojokcelebes.com | Keberadaan spanduk berlabel ‘anda memasuki zona integritas’ yang dipasang di dinding kantor Balai Pertanahan Negeri ( BPN ) Kabupaten Mamuju, harus kembali dipertanyakan oleh Manakarra Aktivis Club ( MAC ) Sulbar, karena diduga tidak memberikan pelayanan standar kepada publik.

banner 336x280

Presiden MAC Sulbar, Samsull Bahri mengaku, dirinya bersama timnya berniat menemui kepala BPN Mamuju atau salah satu pejabat lainnya, namun tak satupun yang memberikan ruang untuk bisa ketemu dengan pejabat yang dimaksud. Pada hal kata Samsul yang akrab dispaa Yoga, sudah kesekian kalinya bertandang ke kantor BPN namun lagi – lagi selalu buntu.

“ Jujur saya sudah Dua kali ke kantor BPN untuk ketemu pejabat yang bersangkutan namun selalu buntu. Pertama saya kesana hari Selasa, saat itu yang menemui saya adalah seorang security dan diarahkan untuk datang kembali hari Jumat kemarin dengan alasan tertentu dan itu saya ok kan lagi. Kemarin saya datang sesuai dengan janji, eh malah sama dengan hari Selasa kemarin. Saya menganggap pelayanan di BPN sangat bobrok, “ katanya kepada pojokcelebes.com.  

Ditanya soal kedatangan ke kantor BPN yang begitu ngotot ingin ketemu kepala BPN atau pejabat lainnya. Yoga hanya menjawab, ingin mempertanyakan sertifikat hak kepemilikan satu titik lokasi reklamasi pantai yang dekat dengan anjungan Mamuju. Apakah milik Pemda Mamuju atau diduga dimiliki oleh salah seorang pengusaha atau anggota dewan.

“ Saya hanya mau tanya hak kepemilikan ( Sertifikat ) di area reklamasi pantai yang ada di Mamuju. Apakah di area reklamasi itu apakah milik Pemda Mamuju atau diduga di milik salah seorang anggota dewan di Mamuju, “sebutnya

Terkait hal ini, soal kedatangan MAC di kantor BPN Mamuju, sangat merasa kecewa apalagi di kantor tersebut pihak kantor tidak memberikan buku tamu dan tidak menyampaikan alasan yang masuk akal.

“ Tugas mereka itu adalah pelayanan. Sampai saya membaca spanduk zona integritas yang memprioritaskan pelayanan namun yang tidak sesuai apa yang ada di lapangan. Bayangkan saya dua kali saya datang dan tidak ada yang bisa ditemui hanya security.” jelasnya

Terkait dengan pelayanan yang terkesan dibawah standar ini, pihak MAC akan menyurat ke DPRD meminta untuk melakukan rapat dengar pendapat ( RDP ) karena terindikasi ada dugaan informasi yang ditutupi.  

“ Iya, kami akan menyurat DPRD kabupaten Mamuju, untuk meminta rapat dengar pendapat terkait ada indikasi informasi yg diduga ditutup tutupi oleh pihak BPN Kabupaten Mamuju, pasalnya pelayanan informasi di bawah standar yang terkesan menghindar, “ jelasnya

Sementara wartawan media ini mencoba melakukan upaya konfirmasi lewat sambungan Whatsapp kepada Kepala BPN Mamuju, Yoga mengakui soal adanya sorotan publik tentang pelayanan di BPN itu sah – sah saja. Namun terkait sorotan pihak MAC Sulbar, mengaku di hari Jumat kemarin diakuinya tidak tahu menahu karena sedang mengikuti rapat apalagi kedatangan MAC di BPN diketahuinya tidak ada janjian.

“ Maaf kemarin Jumat saya sedang mengikuti rapat. Dan pihak MAC tidak ada konfirmasi sebelum nya mau datang adi kami tidak tahu, kalau dia janjian dengan siapa janjinya?. kalau saya, biar tidak janjian pasti saya temui jika tidak rapat, “ klarifikasi Kepala BPN Mamuju.

Selain kata dia, mengaku akan menegur pihak security jika pernah berjanji dengan pihak MAC.

“ Nanti saya tegur securitynya kalau memang pernah berjanji. Mohon dimengerti ya, “ tutupnya./Aji

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.