banner 728x250

Kisruh Soal Calon Paskibraka, Gema PUS Minta Kadis Dispora Sulbar Dicopot 

  • Bagikan
banner 468x60

Ket foto : Gema PUS Makassar dalam satu pertemuan.

Pojokcelebes.com | Kisruh persoalan calon mantan Paskibaraka atas nama Kristina dari Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, yang batal melenggang mulus menjadi anggota Paskibraka di Istana Presiden akibat terganjal dengan Covid – 19, persoalan ini semakin disorot publik mulai dari daerah hingga sorotan dari pusat.

banner 336x280

Salah satu sorotan keras bersumber dari mahasiswa yang mengatasnamakan gerakan generasi muda pitu ulunna salu ( Gema PUS ) Makassar, penggantian secara tiba – tiba Kristina menjadi anggota Paskibraka di tingkat pusat dinilai cacat prosedural dan terkesan ada penyalahgunaan wewenang.

Sekretaris Umum Gema PUS Makassar, Erwin dalam rilisnya ke kantor Berita Pojokcelebes.com menyebutkan, pihak Gema PUS telah melayangkan surat mosi tidak percaya kepada Kadispora Sulbar. Sedikitnya 4 poin diminta ketegasan dari Gubernur Sulawesi Barat ( Sulbar ) Ali Baal Masdar diantaranya. 

  1. Menuntut Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar ( ABM ) untuk mencopot Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Barat dari jabatannya atas penyalahgunaan wewenang yang merugikan beberapa pihak.
  2. Menuntut Gubernur Sulawesi Barat ABM dan pihak yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi Kristin, agar dikembalikan statusnya sebagai peserta utama Paskibraka Tingkat Nasional Perwakilan Sulawesi Barat.
  3. Menuntut Gubernur ABM dan Polda Sulbar agar mengusut tuntas tim seleksi baik tingkat provinsi maupun tingkat Kabupaten Mamasa.
  4. Meminta Kepada Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, agar mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamasa, dan memberi sanksi atas persoalan yang terjadi.

Dari hasil informasi yang ditampung Gema PUS Makassar, soal Kristian terganjal ke Istana RI. Erwin mengungkapkan, Kristina dinyatakan Positif oleh TIM Seleksi Pada Tanggal  23 Juli 2021, Namun sayangnya Kristina diduga tidak mendapatkan tindakan sesuai SOP Penanganan pasien Covid-19. Ada indikasi ditelantarkan pulang menggunakan mobil angkutan umum, tanpa APD dan pendampingan khusus. Setelah dinyatakan dibatalkan berangkat untuk mewakili Sulawesi barat ke tingkat nasional, Pihak Dispora Provinsi Sulawesi Barat langsung menggantikannya tidak sesuai berita acara hasil keputusan tim seleksi Paskibraka tingkat Nasional provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021, dimana yang dikeluarkan yakni Nuralya ( Cadangan ).

Dalam Klarifikasi Kadispora Provinsi di salah satu Media lokal di Sulbar, menjelaskan bahwa pihaknya telah menghubungi Nuralyah ( Cadangan ), karena  berbagai kendala salah satunya administrasi sehingga tidak bersedia menggantikan. Namun pada kenyataannya, pihak keluarga setelah dimintai keterangan dan Kadispora Kabupaten Pasangkayu, menyampaikan bahwa tidak ada konfirmasi yang didapat terkait penggantian Peserta Utama Paskibraka Tingkat Nasional dari pihak yang berwenang dalam hal ini tim seleksi Dispora Provinsi Sulawesi Barat.

“ Atas dasar inilah kami dari gerakan generasi muda Pitu Ulunna Salu Makassar, Menyatakan Sikap dengan melayangkan surat mosi tidak percaya ke gubernur, bahkan besok Senin tangal 2 Agustus 2021, kami akan menggelar demo besar – besaran sesuai dengan tuntutan kami, “ tegas Erwin.

Dikutip dari salah satu media soal kisruh calon Paskibraka yang batal berangkat ke Jakarta. Gubernur ABM hanya menanggapi dingin. Dia mengaku dari laporan yang disampaikan oleh bawahannya, kedua Paskibraka perwakilan Sulbar itu batal berangkat karena terganjal aturan pusat tenan Covid – 19. 

“Saya dengar tidak jadi berangkat karena terkonfirmasi Covid – 19. Kita bisa berbuat apa kalau aturan pusat seperti itu. Tidak mungkin tidak diberangkatkan kalau tidak ada halangannya,” jelas ABM

ABM pun berharap, agar keduanya yang terkonfirmasi Covid -19 bisa secepatnya sembuh dan berharap Kedua Paskibraka penggantinya diharapkan tetap menjaga stamina selama berada di Jakarta.

“Alhamdulillah kalau sudah sampai di sana. Senang kalau ada perwakilan Sulbar ke pusat semoga bisa membawa nama Sulbar harum,” tutupnya./Aji

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.