banner 728x250

Sekda Askary : Perempuan Harus Punya Kemampuan Sejajar dengan Laki – Laki 

  • Bagikan
banner 468x60

Ket Foto : Sekda Askary, membuka kegiatan Sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi, serta Pengukuhan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).   

Pojokcelebes.com | Partisipasi perempuan dalam bidang politik dan hukum di Kabupaten Mamuju Tengah, dinilai masih kurang. Hal itu dikatakan oleh bupati Mamuju Tengah melalui Sekda Mamuju Tengah ( Mateng ), dalam membuka kegiatan Sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi, serta Pengukuhan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).   

banner 336x280

Sekda Kabupaten Mateng, Askary Anwar, dihadapan peserta menyampaikan, SDM terhadap perempuan di Kabupaten Mateng, harus terus ditingkatkan sehingga partisipasi perempuan di bidang politik dan hukum bisa bertambah.  

“ Di Kabupaten Mamuju Tengah, memang perempuan harus ditingkatkan partisipasi dalam bidang politik, hukum, sosial maupun ekonomi, karena memang kurang dan itu tidak bisa dipungkiri.” katanya

Lanjut Askary, salah satu alasan penyebab kurangnya partisipasi perempuan terhadap sejumlah bidang, baik di politik, hukum, sosial karena diakui kurang akses karena terganjal dengan SDM dengan faktor pendidikan.

“ Mengapa kurang ? jawabannya akan menjadi banyak persepsi!, Salah satu penyebab kurangnya partisipasi perempuan baik itu di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi itu karena aksesnya tidak ada, seringkali perempuan tidak punya akses masuk ke bidang tersebut, ini terjadi karena kurang pengetahuan, SDM atau karena kurangnya pendidikan,” jelas Askary.

Untuk bisa menemukan solusi, perlu adanya sosialisasi seperti yang sudah dilakukan saat ini dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan. Tentunya kata dia, ada pemberdayaan perempuan dan peran perempuan harus diberikan porsi yang banyak karena perempuan punya potensi dan harus punya kemampuan untuk sejajar dengan laki – laki.

“ Pemberdayaan perempuan harus diberikan porsi yang banyak. Pemerintah dan kita semua masyarakat harus berperan aktif bagaimanapun caranya sehingga sehingga partisipasi perempuan di Kabupaten Mamuju Tengah ini bisa meningkat, baik itu di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi.” terangnya.

Selain dorongan peningkatan penerapan sumber daya terhadap perempuan. Askari juga selalu menyarankan agar penerapan protokol kesehatan ( Prokes ) di wilayah Kabupaten Mateng, terus diutamakan. Meminta bersama – sama untuk meredam atau mematikan penyebaran Covid – 19 di sejumlah wilayah, baik dari tingkat dusun, desa atau kelurahan, kecamatan sampai kabupaten.    

“Saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, untuk itu kita harus tetap sadar dan selalu memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga kasus Covid – 19 di kabupaten Mateng bisa menurun bahkan habis, “ harap Askary.

Sementara Plh. Kadis DPPKBP3A Kabupaten Mateng, Nisal Wiah, menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kapasitas diri di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi memberdayakan kaum perempuan memberikan potensi lain yang perempuan miliki, dengan hadirnya inkubasi bisnis dan komunitas – komunitas yang menambah jejaring perempuan dalam menjalankan usaha mikro kecil menengah ( UMKM ). 

Lanjut dia, lewat monitoring ini proses belajar dan berjejaring semakin dilakukan dalam komunitas dengan meningkatkan kapasitas untuk mengembangkan Perempuan di Kabupaten Mamuju Tengah.

“ Kita ingin memberikan pengetahuan kepada perempuan, untuk mengenal peningkatan peran perempuan dibidang politik, hukum, sosial dan ekonomi, sehingga perempuan mampu menghadapi tantangan dan hambatan yang ada utamanya perempuan – perempuan yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah,” pintanya.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula kantor Bupati Mamuju Tengah, Rabu. (5/8/2021). oleh Dinas PPKBP3A Kabupaten Mamuju Tengah bekerjasama dengan Dharma Wanita Kabupaten Mateng. Dan kegiatan ini dirangkaikan dengan Pengukuhan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak ( PPA ) Kabupaten Mamuju Tengah. Dan pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Mateng, H. Sahrul, dan Ketua Dharma Wanita Mateng, Faigah Askary.|Aji

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.