banner 728x250

Banjir di Burana Mamasa, Puluhan Hektar Persawahan Rusak

  • Bagikan
Ket Foto : Areal persawahan di Desa Burana rusak akibat tertimbun material banjir.
banner 468x60

Pojokcelebes.com | Puluhan hektar persawahan milik warga Desa Burana Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa, rusak tertimbun material yang dibawa banjir. Hampir dipastikan sawah – sawah tersebut tidak bisa lagi digunakan oleh para petani.  

Dari pantauan Media ini, puluhan hektar sawah yang tertimbun material dan terlihat jadi hamparan tanah batu – batuan. Tidak hanya itu, beberapa alat pertanian seperti mesin hand traktor tertimbun material banjir.       

banner 336x280

 

Ket Foto : Dampak banjir Satu unit mesin hend tracktor milik petani di Desa Burana tertimbun material.
Ket foto : Persawahan di Desa Burana jadi tanah lapang setelah tertimbun material banjir.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa Menton kepada pojokcelebes.com mengatakan, puluhan sawah yang rusak akibat tertimbun material banjir saat ini pemda sudah melakukan pendataan untuk mengetahui berapa jumlah luas sawah yang rusak akibat banjir.  Lanjut kata Menton, setelah data rampung pihak Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa, dalam waktu dekat ini akan melaporkan ke Kementerian Pertanian RI.   

“ Untuk sementara ini yang kami lakukan pendataan sawah yang diterjang banjir dan longsor. Puluhan sawah hampir semua tertimbun material yang dibawa oleh banjir. Pendataan itu dilakukan untuk  mengetahui berapa luas sawah yang rusak kemudian kami buatkan laporan ke Kementerian Pertanian RI, “ Kata Menton. 

Dan kata dia, dari hasil pertemuan dengan Menteri pertanian lewat rapat Daring. Pihak kementerian meminta agar segera mendata persawahan yang rusak diterjang banjir.

“ Pihak kementerian berpesan sama kami saat rapat di hari Sabtu, agar segera ke lokasi mendata semua daerah yang kena bencana alam. Selain di sektor pertanian yang mengalami kerusakan, seperti perkebunan kakao, nilam  dan tanaman holtikultura. Dan pertama kali yang kami harus benahi adalah irigasi dan bantuan bibit padi serta hewan yang terbawa arus akan kami ambil datanya juga dan kami laporkan ke pimpinan, “ pungkas Menton.|Zul/Dar

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.