banner 728x250

Perkara Kepemilikan Ijazah Palsu, Oknum Anggota DPRD Joni Daud Jalani Sidang Perdana

  • Bagikan
Ket foto : Terdakwa Joni Daud, terlihat tertunduk saat dilakukan pelimpahan penahanan di PN Polman.
banner 468x60

Pojokcelebes.com | Oknum angota DPRD Kabupaten Mamasa, yang tersandung perkara kepemilikan Ijazah palsu ( Ipal ), Senin tanggal 7 September 2021, telah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri ( PN ) Polewali Mandar ( Polman ) dengan agenda pembacaan dakwaan.  

Sidang yang berlangsung secara virtual karena pandemi Covid – 19. JPU Akbar, SH membacakan dakwaan terdakwa Joni Daud di tempat terpisah. Dalam dakwaannya disebutkan, terdakwa Joni Daud, pada bulan Juli 2018 sampai dengan tahun 2019 atau pada waktu – waktu lain dalam tahun 2018 sampai dengan tahun 2019, bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Rantebuda Desa Rambusaratu Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, telah menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan / atau vokasi yang terbukti palsu. Dengan bertentangan pasal 69 ayat (1) UU. RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, atau Kedua primair, pasal 264 ayat (2) KUHPidana. Subsidair : Pasal 263 ayat (2) KUHPidana.

banner 336x280
Ket Foto : JPU Akbar SH, membacakan dakwaan di Sidang perdana terdakwa Joni Daud, secara virtula.

Usai pembacaan dakwaan terhadap Joni Daud sebagai terdakwa. Tiga penasehat hukum ( PH ) terdakwa yakni Ely Sambominanga, S.H, Sofyan, S.H dan Migdal Eder Tupalangi, langsung mengajukan eksepsi atas dakwaan yang dibacakan JPU.

” Yang mulia, terhadap dakwaan JPU, kami ajukan eksepsi dan meminta waktu Satu minggu untuk menyusun eksepsi kami, ” kata salah seorang PH terdakwa Joni Daud.      

Sidang perkara dugaan kepemilikan ijazah palsu di PN Polman, yang menyeret oknum anggota DPRD Kabupaten Mamasa. Dipimpin langsung Ketua Majelis Hakim 

Fachrianto Hanief, S.H., M.H dan Dua hakim Anggota Al Sadiq Zulfianto, S.H bersama Afif Faishal, S.H. Dan sidang kembali dilanjutkan pada pekan depan dengan pembacaan eksepsi terdakwa.|Aji/Zul

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.