banner 728x250

Usai Dikeruk, Tanggul Batu Gajah Sungai Tarailu Terancam Rusak

  • Bagikan
Ket Foto : Sisi sungai Tarailu ternacam terjadi pengikisan setelah di keruk.
banner 468x60

Pojokcelebes.com | Warga Desa Tarailu yang bermukim di sekitar bantaran sungai Sampaga Kecamatan Sampaga kabupaten Mamuju, menyoroti langka upaya pihak pemerintah yang melakukan normalisasi sungai. Pasalnya, tanggul batu gaja yang sudah tersusun di pinggirans sungai terancam ambruk setelah adanya pengikisan aliran sungai.

Salah seorang tokoh masyarakat, Rosnang, menyoroti pekerjaan adanya normalisasi sungai yang mengeruk dekat dengan tanggul batu gajah. Karena setelah pengerukan dilakukan oleh alat berat milik pemerintah, di sekitar pasangan batu gajah, membuat batu gajah jadi jatuh ambruk ke dasar sungai. 

banner 336x280

Kata dia, mengatakan sebelum pekerjaan dikeruk pasangan batu itu tidak pernah bergeser dari tempatnya, namun kata dia, setelah dikeruk pasangan batu gajah tersebut perlahan – lahan mulai ambruk, sehingga saat banjir tanggul mulai terkikis.

“ Kami soroti pengerukan itu, karena terancam terjadi pengikisan, yang mengakibatkan pasangan batu gajah mengalami penyusutan ke dasar sungai akibat pengikisan. Kalau ini terus terjadi,tanggul tersebut akan jebol di saat banjir datang dan akan masuk ke pemukiman warga lagi.” ungkapnya./Zul/Dar

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.